Resep Membuat Soto Ayam Lamongan

iklan
Soto ayam lamongan memang terkenal. Bagi para penikmat soto pasti sudah tahu ciri khas dari soto lamongan dibanding dengan daerah-daerah lain. Selain itu soto memang sudah terkenal diberbagai daerah di pelosok-pelosok indonesia. Tentunya semua ibu-ibu maupun koki sudah biasa membuat masakan soto.

Cara membuat soto ayam lamongan lumayan mudah dan sangat sederhana. Nah Bagi anda-anda yang belum mengetahui resep membuat soto yang benar, anda bisa belajar dari sekarang. Untuk bahan-bahan dan cara membuatnya bisa dilihat dibawah ini.

Soto Ayam Lamongan


Resep membuat soto ayam lamongan

Bahan-bahan
ayam (300gr)
1.750ml air
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
1 butir cengkeh
1 sdt garam
2 sdt air jeruk nipis
1 sdm kecap manis
minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdt merica
1 sdm ketumbar sangrai

Pelengkap Soto Ayam Lamongan:

100gr toge
30gr suun kering
30gr kol, iris tipis
2 butir telur rebus
1 batang seledri, iris tips
1 sdm bawang putih goreng
cabe rawit

Cara Membuat Soto Ayam Lamongan:

  1. Pertama, masukkan ayam ke dalam panci yang berisikan air. Tambahkan lengkuas,serai, garam, dan cengkeh, masak hingga mendidih. Setelah itu kecilkan apinya, rebus kaldu ayam sampai berminyak dan ayam lunak. Keluarkan ayam dari panci, kemudian ukur kaldunya sebanyak 1.250 ml. Rebus kembali kaldu dengan api kecil. Goreng ayam hingga kering, kemudian angkat dan tiriskan, suwir-suwir dagingnya menjadi bagian-bagian kecil lalu sisihkan. 
  2. Panaskan 4 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga tercium bau harum. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam panci kaldu. Masak terus hingga bau bumbu hilang dan kuahnya tinggal 1000 ml. Tambahkan air jeruk nipis dan kecap manis.
  3. Seduh toge dan suun dengan air panas secara terpisah, tiriskan. Kupas telur rebus, belah masing-masing menjadi 2 - 4 bagian.
  4. Siapkan mangkuk saji, letakkan ayam yang telah disuwir tadi, kemudian toge, suun dan kol. Siram dengan kuah panas, taburi seledri dan bawang putih goreng. Taruh telur rebus di atasnya, sajikan selagi panas bersama cabe rawit tentunya.
  5. Resep soto ayam lamongan ini untuk 4 porsi.
Nah bagimana ibu-ibu ??? mudahkan ! dan bagi anda yang ingin mencoba resep membuat soto ayam lamongan di rumah selamat mencoba dan berkreasi. Mudah-mudahan Resep kali ini bisa membantu anda dalam membuat menu masakan dalam sehari-hari.
iklan