10 Manfaat dan Khasiat Buah Lemon bagi Tubuh

iklan
Buah lemon, siapa yang tak kenal dengan buah ini. Rasanya yang manis keasam-asaman membuat buah ini cocok apabila dibuat menjadi sebuah minuman sebagai penghilang dahaga. Harganyasendiri relatif terjangkau. Dari kandungan vitaminnya, buah lemon mengandung 5 persen asam sitra t dan juga kaya dengan vitamin C.


Selain itu, buah lemon juga mengandung vitamin seperti riboflavin, vitamin B dan banyak mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, protein dan karbohidrat. Tidak hanya bisa dibuat sebagai minuman, banyak juga menu makanan yang memanfaatkan buah lemon untuk pemberi cita rasa pada makanan, mulai dari cake, masakan yang berbahan dari daging ayam atau pun hanya sebagai penghias.

Buah lemon sering kali digunakan dengan cara diperas yang kemudian dicampurkan air putih. Sebenarnya,  terdapat banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah lemon. Dibawah ini adalah beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Lemon bagi Tubuh:

10 Manfaat dan Khasiat Buah Lemon bagi Tubuh

  1. Baik untuk perut

    Lemon dapat meringankan masalah pada pencernaan bila dicampurkan dengan air panas, termasuk masalah mulas, mual, dan parasit. Lemon berkhasiat sebagai pemurni dan pembersih darah. Asupan dari jus lemon bisa menyembuhkan penderita sembelit. Bahkan jus lemon juga berkhasiat sebagai tonik hati dan membantu anda mencerna makanan dengan membantu organ hati agar memproduksi empedu lebih banyak.

  2. Perawatan kulit

    Lemon berkhasiat menjadi obat antiseptik alami, yang bertugas menyembuhkan masalah pada kulit. Buah lemon berfungsi sebagai obat anti-penuaan, menyamarkan kerutan dan komedo. Bahkan jika ditempelkan pada bekas luka bakar, buah lemon dapat memudarkan bekas luka.
  3. Perawatan Gigi

    Tahukah anda jika Khasiat air lemon juga bisa menyingkirkan rasa sakit pada gigi, Jawabanya ya ! Caranya tempelkan potongan lemon segar, atau dibuat berkumur. Selain itu, memeras jus lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan pada gusi. Cara tersebut juga bisa mencegah bau busuk dan masalah lainnya yang berkaitan dengan gusi.
     
  4. Sembuhkan infeksi tenggorokan

    Lemon adalah buah yang baik dalam memerangi masalah yang berkaitan dengan sakit tenggorokan, infeksi tenggorokan, dan tonsilitis akibat bakteri. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, anda bisa berkumur menggunakan setengah gelas air lemon.

  5. Menurunkan berat badan

    Rutin meminum air jeruk nipis dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Memanfaatkan air lemon yang dicampur  air hangat dan madu, dapat membantu mengurangi berat badan anda.

  6. Kontrol tekanan darah tinggi

    Air lemon bekerja seperti ramuan ajaib, khususnya bagi orang yang mempunyai masalah jantung. Diet tinggi kalium dipercaya mampu mengurangi pusing, mual, tekanan darah tinggi, membantu relaksasi pikiran, stres mental dan juga depresi.

  7. Membantu penyembuhan gangguan nafas

    Jus lemon berkhasiat mampu menyembuhkan masalah pernafasan, terutama pada penderita asma.

  8. Mengobati rematik

    Lemon memiliki sifat diuretik, sehingga mampu mengobati rematik dan juga radang sendi, dengan cara mengeluarkan bakteri serta racun dari dalam tubuh.

  9. Meredakan demam

    Jus lemon berkhasiat mengobati flu atau demam, dengan meningkatkan produksi keringat. Dengan keluarnya keringat akan meredakan deman.

  10. Pembersih darah

    Penyakit-penyakit seperti kolera maupun malaria sebenarnya dapat diobati dengan air lemon karena air lemon bersifat sebagai pembersih darah.

Berapa banyak yang harus saya minum?

Jika anda dalam kondisi kesehatan yang baik dan bobot tubuh sekitar 70 kg atau kurang, anda disarankan untuk memeras setengah buah lemon yang disajikan ke dalam satu gelas air. Minumlah dua kali sehari.  Namun, jika bobot anda lebih dari 70 kg, peras satu lemon utuh ke dalam segelas air. Untuk mendapat manfaat dan khasiat air lemon yang maksimal, minum dua kali sehari.
iklan