Resep Tempura Udang Renyah

iklan Resep Tempura Udang Renyah - Bund bund ! tahu apa tidak apa itu tempura. Tempura atau bisa juga tenpura ini adalah makanan khas jepang lho ! Makanain ini terbuat dari makanan laut, sayur-sayuran atau tanaman liar yang nantinya akan dicelupkan kedalam adonan tepung terigu, eits ! tak lupa terigu juga diberi kuning telur yang sudah diencerkan dengan air dingin sebelum digoreng.

Masakan tempura ini memang cukup asing ditelinga kita. Namun ada juga ibu-ibu yang sudah dan sangat mengenal masakan renyah ini. Nah bagaimana cara membuat Tempura Udang Renyah dan apa saja bahan yang dibutuhkan ?

Resep Tempura Udang Renyah

Resep Tempura Udang Renyah


Nah tanpa basa-basi yuk kita coba memasak makanan khas ala jepang ini Resep Tempura Udang Renyah.

Resep Tempura Udang Renyah :

  • 100 gram tepung terigu
  • udang windu (tanpa kepala)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • 200 ml air dingin

Cara Membuat Adonan Tempura Udang Renyah:

  1. Pertama-tama aduk tepung, baking powder, dan juga garam hingga rata.
  2. Setelah itu kocok lepas kuning telur, tambahkan air dingin. Bila perlu, anda bisa menambahkan 2 buah es batu. Anda juga harus menjaga adonan tepung agar selalu dingin. Renyahnya tempura yang anda buat tergantung perbedaan suhu dingin tepung dengan panas minyak.
  3. Tuang campuran telur ke dalam campuran tepung. Aduk, kalo bisa dengan sumpit kurang dari 10 kali. Anda tidak perlu mengaduk telur dan tepung hingga merata, dan jangan khawatir kalau ada tepung yang masih menggumpal. Kalau adonan terlalu banyak diaduk, tempura udang malah tidak akan menjadi renyah.

Cara Membuat Tempura Udang Renyah:

  1. Taburkan sedikit tepung maizena ke bagian atas udang yang sudah Anda bersihkan.
  2. Celupkan udang ke adonan tepung hingga beberapa kali sampai seluruh bagian terlumuri adonan tepung (kecuali bagian ekor udang).
  3. Setelah terlumuri tepung, goreng udang kurang lebih 2-3 menit sampai berwarna keemasan. Gunakankanlah minyak panas dalam jumlah yang banyak untuk menggoreng.
  4. Jika anda menginginkan udang anda lebih memiliki kulit tepung yang tebal, anda bisa menuangkan sedikit adonan tepung tambahan ke atas udang, tentu setelah udang digoreng selama 5-7 detik.
  5. Langkah terakhir angkat udang, lalu tiriskan minyaknya. Bila perlu, Anda bisa letakkan udang di atas tisu dapur agar minyak yang tersisa terserap oleh tisu. Sajikan Tempura udang selagi panas.

Note : Agar tempura udang yang anda buat benar-benar renyah, gunakan minyak yang banyak untuk menggorengnya, sehingga udang terendam secara keseluruhan dalam minyak. Selain itu, pastikan agar minyak yang anda gunakan sebelum menggoreng benar-benar panas. Selamat mempraktekan Resep Tempura Udang Renyah.

Baca juga resep yang lainnya
iklan