Resep Bolu Kukus Spesial

iklan Resep Bolu Kukus Spesial – Anda suka dengan kue bolu ? jika suka yuk kita buat bolu kukus sendiri dirumah. Nah untuk resep kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat bolu kukus yang bisa mngembang atau mekar. Walaupun kelihatannya mudah, namun banyak yang sudah mencobanya dan hasilnya pun bolu buatnnya tidak bisa merekah attu mengembang.

Maka dari itu, bagi yang belum bisa atau yang sudah pernah membuat bolu kukus namun gagal mengembang silahkan membaca resep bolu kukus dan pahami cara pembuatannya. Dalam membuat bolu kukus agar bisa mengembang sebenarnya mudah saja. Pastikan resep dan cara membuatnya itu benar. Selain mudah jika anda ingin menjalankan bisnis bolu kukus untuk dijual, anda akan bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Nah kita langsung saja membahas Resep Bolu Kukus Spesial ini.

Dalam proses pembuatannya, anda harus menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, telur, soda, baking powder, pasta coklat dan sebagainya. Anda bisa menyimak bahan-bahan lengkapnya dibawah nanti. ( Baca juga; Resep Puding Kukus Lapis Biskuit )

Resep Bolu Kukus Spesial

Resep Bolu Kukus Spesial

Resep Bolu Kukus Spesial

Bahan-bahan bolu kukus mekar :
– 250 gram tepung terigu protein sedang
– 200 gram gula pasir putih
– 2 sendok makan susu bubuk putih
– 2 butir telur
– 225 ml minuman bersoda tawar
– ½ sdt baking powder
– ½ sdt esens vanili
– 2 sdt emulsifier (sp/tbm)
– Pasta coklat secukupnya atau bisa menggunakan pewarna makanan sesuai keinginan

Cara Membuat Bolu Kukus Spesial :

  1. Pertama-tama siapkan mixer, lalu masukkan gula pasir putih, telur dan juga emulsifier ke dalam loyang. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan kaku dan mengembang. Setelah mengembang matikan mixernya, lalu sisihkan.
  2. Langkah yang kedua, siapkan dandang kukusan dengan api besar yang berisi air, Setelah air mendidih kecilkan apinya, dan jangan di buka tutupnya. Akan lebih baik jika tutup dandang telah dibungkus dengan serbet agar uapnya nanti tidak menetes pada kue saat kue di masukkan nanti.
  3. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, susu bubuk, esens vanila dan juga minuman bersoda. Kocok terus hingga adonan mengental ( untuk mengocoknya jangan pakai mixer ), tapi gunakan saja spatula, sendok atau yang lainnya.
  4. Nah untuk mengetes kekentalan adonan, anda bisa ambil sedikit adonan dengan menggunakan sendok lalu tuang kembali. Anda pasti bisa mengira-ngira kental atau tidaknya adonan yang anda buat.
  5. Setelah kental tuang adonan bolu kukus tadi ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan cup kue. Setelah anda isi cetakan kue dengan adonan, tetesi bagian tengahnya dengan sedikit pasta coklat.
  6. Nah setelah semua selesai, anda sudah bisa memasukannya kedalam dandang dengan cara menyusun jarak agar tidak terlalu rapat. Hal tersebut agar adonanya bisa mengembang dengan baik.
  7. Langkah terakhir adalah menunggu bolu hingga matang. Dan setelah matang anda bisa menyajikannya.

Begitulah cara membuat bolu kukus yang cukup mudah. Walaupun mudah, tak sedikit orang yang gagal karena proses pembuatannya atau bahan yang digunakan kurag tepat. Nah semoga resep ini bisa membantu anda dalam masalah membuat kue bolu. Selamat mencoba resep ini dirumah masing-masing.
Baca juga resep kue yang lainnya:
iklan