Resep Membuat Kue Bolu Kukus

iklan
Resep Membuat Kue Bolu Kukus - kue bolu, siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Kue bolu sangat populer dan sering kali dibuat oleh masyarakat kita, terutama Indonesia. Bentuk dari bolu yang hampir sama dengan bunga yang akan mekar menjadi daya tarik selain rasanya yang enak. Tekstur bolu yang lembut dengan rasa yang manis menjadi digemari banyak orang.

Nah, dalam membuat Kue bolu kukus pastinya kita harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan agar kue bolu kukus bisa mengembang dengan baik. Membuat Kue Bolu Kukus sebenarnya cukup mudah. Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membuatnya mari kita simak Resep Membuat Kue Bolu Kukus.

Resep Kue Bolu Kukus

Bahan :
300 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
5 butir kuning telur ayam
4 putih telur ayam
1/2 sdt soda kue
175 cc air soda tanpa rasa (bisa memakai Sprite atau 7Up)
1/2 sdt vanila
1 sdm coklat bubuk
1/4 sdt pewarna coklat (pasta coklat)
kertas minyak/Paper cup/kertas roti untuk alas cetakan


Cara Membuat Kue Bolu Kukus :

  1. Kocok telur terlebih dahulu, teruskan dengan gula dan vanila sampai terlihat kental dan mengembang, masukkanlah bergantian, 1/2 tepung, 1/2 air soda, lakukan bergantian sampai adonannya habis, aduk hingga rata. 
  2. Ambil 5 sdm adonan, lalu tambahkan pewarna coklat dan juga coklat bubuk, aduk hingga rata, sisihkan.
  3. Siapkan dan beri alas kira-kira 20 cetakan bolu kukus, bersama paper cup/kertas roti, kemudian masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sudah mendidih.
  4. Tuang adonannya ke dalam cetakan (jangan penuh-penuh) lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi pewarna coklat dan juga coklat bubuk. Lakukan sampai adonannya habis.
  5. Kukus dengan api besar kurang lebih 20 menit / sampai kue matang dan merekah di bagian atas bolu. Angkat, dan dinginkan. Bolu kukus siap disajikan.

Nah bagaimana? Mudahkan. Sekian Resep Membuat Kue Bolu Kukus, semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi bagi anda di rumah dalam hal masak-memasak. Selamat mencoba resepnya di rumah dan berkreasi sesuai keinginan anda. Baca juga Resep Membuat Puding Anggur Lapis
iklan