WEDANG RONDE NIKMAT

iklan Wedang ronde merupakan salah satu jajanan yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasa yang enak minuman ini juga mengandung khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Minuman hangat dengan bahan jahe dengan isi bola-bola dari tepung ketan yang didalamnya terdapat kacang tanah yang gurih menjadikan minuman ini sangat digemari.

Untuk resep wedang ronde ini sangatlah mudah kita temui dipasar-pasar atau toko-toko terdekat. Minuman ini sangat cocok ketika hawa dingin atau musim penghujan. Nah langsung saja yuk tengok resep dan cara membuatnya dibawah ini

Resep Wedang Ronde:


Bahan Ronde:
150 gram tepung ketan putih
1/4 sendok teh garam
135 ml air hangat
2 tetes pewarna hijau tua
2 tetes pewarna merah cabai

Bahan Isi:
50 gram kacang tanah kupas, disangrai
25 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam

Sirup Jahe:
2.000 ml air
400 gram gula pasir
400 gram jahe, dibakar, dimemarkan
4 lembar daun pandan
6 batang serai, dimemarkan
1 sendok teh garam

Bahan Pelengkap:
200 gram kolang-kaling, rebus dan iris-iris
25 gram sagu mutiara merah
3 buah roti tawar tanpa kulit, dipotong kotak
1 kaleng (200 gram) lengkeng, ditiriskan

Cara Membuat Wedang Ronde:

  1. Pertama untuk bahan isi : blender kacang tanah hangat-hangat beserta gula pasir dan garam sampai rata. Setelah lembut bentuklah menjadi bulatan kecil-kecil. Sisihkan.
  2. Untuk bahan ronde : campur tepung ketan dan juga garam, aduk hingga rata. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Langkah yang ketiga, bagi adonan menjadi tiga bagian. Adonan pertama tambahkan pewarna merah, dan adonan yang kedua tambahkan pewarna hijau, dan sisanya biarkan putih. Aduk hingga rata untuk masing-masing adonannya.
  4. langkah selanjutnya ambil sedikit bahan ronde. Pipihkan tipis. Berilah isi blenderan kacang yang sudah dibentuk menjadi bulat. Tutup rapat dengan ketan hingga menjadi bulatan utuh.
  5. Selanjutnya didihkan air dan masukkan bola-bola ketan. Rebuslah hingga mengapung. Angkat lalu tiriskan.
  6. Sirup jahe, rebus air, gula pasir, jahe,daun pandan, dan serai dengan api kecil sampai mendidih dan harum.
  7. Langkah yang terakhir, sajikan ronde bersama sirup jahe beserta pelengkapnya.

Note : Ukuran dan takaran bahan diatas adalah untuk 8 porsi, bila ingin menambahi maupun mengurangi silahkan anda kira-kira bahan yang akan digunakan. selamat mencoba resepnya !!!
iklan